Selasa, 01 April 2008

Permasalahan dari Silabus Pelayanan Bimbingan Konseling


SILABUS BIMBINGAN KONSELING BERRBASIS KOMPETENSI SMA NEGERI 60 KELAS: XII



Sub Tugas Perkembangan

  • Mengembangkan penguasaan ilmu, teknologi dan kesenian sesuai dengan program kurikulum, persiapan karier dan melanjutkan pendidikan tinggi, serta berperan dalam masyarakat yang lebih luas.
Bidang Karier
  • Pengembangan kemampuan mengendali dan mengarahkan diri sesuai dengan keputusan yang telah diambilnya.
Rumusan Masalah
  • Menguasaan pengetahuan dan ketelampilan akademik/psikomotor, berkarya dan mengalihgunakan ilmu, teknologi dan seni untuk hidup di masyarakat lokal, nasional, regional dan internasional.
Materi Perkembangan
  • Perencanaan karier.
Permasalahan

  • Pada masa SMA kelas 3, banyak sekali problematika yang terjadi. apalagi siswa dalam menentukan pilihan masa depannya, yaitu dalam membina kariernya ke depan. bisanya pada masa-masa ini siswa belum tahu/masih bingung tentang masa depannya, kerena siswa tersebut masih terpengaruh oleh teman-temannya. Sehingga ia sulit untuk menentukan pilihan kariernya ke masa depan.
Dalam promblematika di atas, dapat diambil solusi yaitu dengan cara seorang anak harus benar-benar mendapat keputusannya dalam membina kariernya ke depan. Dalam merencanakan kelanjutan studi ke jenjang pendidikan tinggi, siswa tersebut harus bisa mengoptimalkan potensi diri yang lebih matang agar peluang untuk perencanaan tersebut dapat berjalan dengan baik. Didalam agama dikatakan bahwa setiap insan "belajar sepanjang hayat" merupakan usaha berpikir dan mengoptimalkan fungsi pikir mendatangkan pahala. Dalam konteks di atas, mengandung makna bahwa setiap insan menuntut ilmu, harus memiliki dorongan untuk mengembangkan kesadaran potensi diri.

Tidak ada komentar: